Skip to main content

Merancang Pembelajaran Understanding by Design (UbD)

 

UbD (Understanding by Design) merupakan suatu pendekatan dalam merencanakan pembelajaran yang menekankan pada pemahaman mendalam peserta didik terhadap materi pelajaran yang diajarkan. Ada tiga langkah utama yang perlu dilakukan dalam merencanakan pembelajaran dengan prinsip UbD, yaitu menentukan tujuan pembelajaran, menentukan asesmen pembelajaran, dan merancang aktivitas pembelajaran (GrantWiggins dan Jay McTighe, 2005).

1.      Menentukan Tujuan Pembelajaran

UbD (Understanding by Design) mengharuskan guru untuk  menetapkan apa yang harus dipahami dan dikuasai oleh siswa setelah proses pembelajaran sebagai tujuan dari pembelajaran. selain itu juga,tujuan pembelajaran didasarkan pada standar kurikulum, kompetensi inti, atau hasil belajar yang diharapkan. Pembelajaran UbD berfokus pada pemahaman yang mendalam, bukan sekadar hafalan fakta.

2.      Menentukan Asesmen Pembelajaran

Menentukan asasmen pembelajaran bertujuan untuk mengukur sejauh mana siswa mencapai tujuan pembelajaran. Selain itu, asesmen mencakup berbagai bentuk antara lain:

1)      Asasmen Formatif, merupakan asesmen selama proses pembelajaran untuk memantau perkembangan siswa. Contoh: kuis singkat, tanya jawab di kelas, jurnal reflektif, observasi aktivitas siswa, diskusi kelompok kecil.

2)      Asesmen Sumatif, merupakan asesmen akhir unit pembelajaran untuk menilai pencapaian keseluruhan tujuan pembelajaran. Contoh: ujian akhir (esai, pilihan ganda, uraian), tugas proyek, portofolio.

3)      Asesmen Otentik, merupakan asasment yang menilai kemampuan siswa dalam konteks nyata atau simulasi dunia nyata. Contoh: simulasi peran (role play), desain produk atau model, debat atau diskusi panel, studi kasus

4)      Rubrik Penilaian dugunakan menilai kualitas tugas secara objektif dan transparan berdasarkan kriteria tertentu. Contoh komponen rubrik: pemahaman konsep, kualitas argumen/pemikiran kritis, kreativitas, kerja sama tim, keterampilan komunikasi.

5)      Self-Assessment dan Peer Assessment bertujuan untuk mendorong siswa menilai diri sendiri dan teman sekelas untuk meningkatkan kesadaran metakognitif dan tanggung jawab belajar.

3.      Merancang Aktivitas Pembelajaran (Plan Learning Experiences and Instruction)

Merancang pengalaman belajar dan aktivitas pembelajaran yang bertujuan untuk  membantu siswa mencapai tujuan. Aktivitas harus mendukung proses berpikir kritis, refleksi, dan transfer pengetahuan, dengan cara menggunakan strategi pembelajaran yang bervariasi dan bermakna.

Comments