📝
JURNAL PEMBELAJARANKU
✨ Aksi
Nyata - Jurnal Pembelajaranku
Tema: Ide apa yang Bapak/Ibu guru dapatkan setelah belajar topik ini?
Setelah saya mempelajari elemen teks deskripsi dan bagaimana
perencanaan pembelajaran bisa dirancang dengan menggunakan pendekatan
Understanding by Design (UbD), saya mendapatkan beberapa ide penting yang bisa
saya terapkan di kelas:
1. Mengaitkan Pembelajaran dengan Masalah Nyata
Saya mendapatkan ide untuk mengaitkan materi teks deskripsi dengan lingkungan
di sekitar siswa. Misalnya, di sekitar sekolah banyak ditemui tempat – tempat
yang memiliki nilai histori . Ini bisa menjadi konteks belajar yang menarik dan
relevan bagi siswa. Melalui proyek sederhana, siswa bisa mendeskripsikan salah
satu bangunan bersejarah secara detail.
2. Mengembangkan Proyek Kolaboratif
Ide lain yang saya dapatkan adalah mengembangkan proyek kolaboratif antar
siswa, di mana mereka bekerja dalam kelompok untuk mendeskripsikan secara
detail bangunan bersejarah tersebut agar pembaca memiliki gambaran secara
detail mengenai bangunan yang telah dideskripsikan.
3. Menggunakan Backward Design dalam Perencanaan
Saya menyadari pentingnya memulai perencanaan pembelajaran dengan menentukan
tujuan akhir terlebih dahulu. Tujuan saya adalah agar siswa tidak hanya
memahami konsep dari teks deskripsi, tetapi juga mampu menerapkannya untuk
menyelesaikan masalah nyata di sekitar mereka. Oleh karena itu, saya akan
mendesain penilaian yang tidak hanya berupa tes tertulis, tetapi juga laporan
proyek.
4. Mengintegrasikan Refleksi Diri Siswa
Saya juga ingin rutin meminta siswa membuat jurnal refleksi, di mana mereka
menuliskan bagaimana mereka mendeskripsikan tempat atau keadaan yang ada
disekitar mereka dalam kehidupan sehari-hari. Ini membantu siswa membangun
kesadaran terhadap lingkungan dan pemahaman bermakna.
Kesimpulan Pribadi:
Belajar topik ini memberi saya inspirasi untuk membuat
pembelajaran lebih kontekstual, bermakna, dan berdampak. Saya ingin membawa
semangat eksplorasi dan pemecahan masalah nyata ke dalam kelas bahasa Jawa.
sehingga siswa merasa pembelajaran mereka relevan dengan dunia nyata.
Comments
Post a Comment